Senin, 23 Januari 2012

TAHAPAN KONSELING


Tahapan konseling
Dalam melakukan kegiatan konseling, ada tahapan-tahapan yang dilakukan agar konseling menjadi efektif dan efisien. Tahapan yang dilakukan dalam melakukan konseling, yaitu:

1.    Tahap Analisis
Analisis adalah pengumpulan informasi dan data mengenai klien. Konselor dan klien memiliki informasi yang dapat dipercaya, tepat, dan relevan untuk mendiagnosis pembawaan, minat, motif, keseimbangan emosional dan sifat-sifat lain yang memudahkan penyesuaian diri. Analisis dapat dilakukan dengan menggunakan alat-alat, seperti : catatan kumulatif, wawancara, catatan anekdot, tes psikologis, dan studi kasus. Selain mengumpulkan data obyektif, konselor harus memperhatikan pula cita-cita dan sikap klien dan cara memandang permasalahannya.
2.    Tahap Diagnosis
Diagnosis adalah upaya untuk menemukan faktor-faktor penyebab atau yang melatarbelakangi timbulnya masalah peserta didik. Dalam konteks Proses Belajar Mengajar faktor-faktor yang penyebab kegagalan belajar peserta didik, bisa dilihat dari segi input, proses, ataupun output belajarnya.


3.    Prognosis
Langkah ini untuk memperkirakan apakah masalah yang dialami peserta didik masih mungkin untuk diatasi serta menentukan berbagai alternatif pemecahannya. Hal ini dilakukan dengan cara mengintegrasikan dan menginterpretasikan hasil-hasil langkah kedua dan ketiga. Proses mengambil keputusan pada tahap ini sebaiknya terlebih dahulu dilaksanakan konferensi kasus, dengan melibatkan pihak-pihak yang kompeten untuk diminta bekerja sama  menangani kasus  -  kasus yang  dihadapi.
4.    Tahap konseling
 Merupakan hubungan membantu klien untuk menemukan sumber diri sendiri maupun sumber di luar dirinya dalam upaya mencapai perkembangan dan penyesuaian optimal sesuai dengan kemampuannya. Dalam kaitan ini ada lima sifat konseling, yaitu:

  •   Belajar terpimpin menuju pengertian diri

  •   Mendidik/mengajar kembali untuk mencapai tujuan kepribadiannya dan penyesuaian hidupnya.

  •   Bantuan pribadi agar klien mengerti dan terampil dalam menerapkan prinsip dan teknik yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

  •   Konseling yang mencakup hubungan dan teknik yang bersifat menyembuhkan

  •   Mendidik kembali yang sifatnya sebagai katarsis atau penyaluran

5.    Tindak lanjut
Cara manapun yang ditempuh, evaluasi atas usaha pemecahan masalah sebaiknya dilakukan evaluasi dan tindak lanjut, untuk melihat seberapa pengaruh tindakan bantuan (treatment) yang telah diberikan   terhadap pemecahan masalah yang dihadapi peserta didik.
Penilaian meliputi : (a) Penilaian Segera; (b) Penilaian Jangka Pendek; dan (3) Penilaian Jangka Panjang
Berkenaan dengan evaluasi bimbingan dan konseling, Depdiknas telah memberikan kriteria-kriteria keberhasilan layanan bimbingan dan konseling yaitu:

  • Berkembangnya pemahaman baru yang diperoleh peserta didik berkaitan dengan masalah yang dibahas;

  • Perasaan positif  sebagai dampak dari proses dan materi yang dibawakan melalui layanan, dan
  • Rencana kegiatan yang akan dilaksanakan oleh peserta didik sesudah pelaksanaan layanan dalam rangka mewujudkan upaya lebih lanjut pengentasan masalah yang dialaminya.

1 komentar:

  1. Play'n GO Slot | Play'n GO - Shootercasino
    Take a 샌즈카지노 look 인카지노 at Play'n GO's full profile and learn all about their slots, table 메리트카지노 games and promotions.

    BalasHapus